Jumat, 24 April 2015

Seminar Nasional Bidang Komputasi (SNAKOM) 2012

Tema            : Menjawab Tantangan Dunia dengan Ilmu Komputasi
Tempat         : Gedung K kampus Institut Teknologi Telkom (IT Telkom)
Hari/Tanggal  : Sabtu (22/09/2012).
Pembicara     :Prof. Dr Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D dan Dr. Retiantyo Wardoyo,                                           MSc.,Ph.D.

          Komputasi  yang akurat  hanya bisa diperoleh  melalui komputasi simbolik  yang melepaskan komputasi numerik yang lebih banyak melakukan pendekatan dan hasilnya juga tidak eksak. Walaupun  komputasi numerik  hampir selalu memberikan hasil tetapi hasilnya tidak seakurat komputasi simbolik. Dilain pihak walaupun komputasi simbolik  tidak terlalu memberikan hasil, tetapi hasil yang diperoleh pasti akurat.
          Komputasi  simbolik  memanfaatkan simbol-simbol. Merupakan pendekaatan komputasi  dengan komputer  berdasarkan manipulasi  ekspresi  matematika  misalnya formula, persamaan dan polinomial. Ada beberapa algoritma atau prosedur yang berguna di dalam komputasi sains dan rekayasa. Di antaranya  penyelesaian sistem persamaan aljabar, integral tak tentu fungsi-fungsi aljabar, penyelesaian persamaan diferensial baik parsial maupun sistem persamaan diferensial, Plotting sistem persamaan polinomial  baik implisit maupun yang berparameter, komputasi dengan matriks  aljabar, komputasi ekspresi logika.
          Persoalan-persoalan komputasi tersebut sering dijumpai dalam ilmu rekayasa. Terdapat dua tipe komputasi simbolik  yaitu logika komputasional dan aljabar komputer. Logika  komputasional  banyak digunakan dalam otomata pembuktian teori, pemrograman logika, kecerdasan buatan dan sejenisnya. Di lain pihak aljabar komputer banyak digunakan dalam ilmu rekayasa sipil, mesin, elektronika dan lain sebagainya.  Kelemahannya, algoritma aljabar komputer  memiliki kompleksitas  waktu dan memori sangat tinggi dan mahal. Pun, banyak problem yang tidak kita ketahui solusinya yang tidak bisa diselesaikan.

          Dari seminar diatas terdapat kelebihan dan kekurangan :

Kelebihan : Menjelaskan dengan rinci tentang ekspresi matematika, algoritma, tipe dan contoh dari komputasi simbolik.

Kekurangan : Walaupun melalui perbandingan komputasi numerik tidak seakurat komputasi simbolik, namun diharapkan komputasi numerik juga dapat dijelaskan secara lebih rinci.



Sumber : http://journal.arivalrizki.com/post/32240638160/snakom-ulas-tuntas-ilmu-                         komputasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar