* Media
baru versus Cyberculture – Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang
berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player
game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan
paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
*
New
Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi - New
Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk
distribusi dan pameran, misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs
Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll. Masalah dengan hal ini adalah bahwa
definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru"
tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan
didistribusikan melalui komputer.
*
New
Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software - Bahasa New Media
didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang
mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan
berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang
dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi
media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah
gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai
dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna,
abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll.
*
New
Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
- "Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi
budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan
konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu.
"tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman
manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus
keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada
posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di
beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi
komputer.
*
New
Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan
Teknologi Komunikasi - "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan
muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali
dua atau tiga kali ... Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak
akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen
penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang
komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial,
sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. "
*
New
Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau
melalui Teknologi Lain - Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya
teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi
membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal
ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia
interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer
digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan
identitas lainnya:. Yang dari alat kontrol sibernetik"
*
New
Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai Metamedia
- Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada
jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam
bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru
bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk
mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database,
mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat
berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi
dapat "recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat
berbeda."
*
New
Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni
dan Komputasi Modern - Pasang Seni Perang Dunia II atau
"kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis
mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat
mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian
penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan
oleh manusia."
Ø Definisi
New Media
Secara umum, New Media dapat diartikan sebagai perantara baru.Yakni penggabungan dari
dua kata yaitu
“New” yang berarti baru dan “Media” yang berarti perantara. Namun jika ditinjau
dari makna yang lebih spesifiknya, new media dapat diartikan sebagai perantara baru
yang dapat
menghubungkan manusia dengan media – media terbaru dalam dunia
teknologi.
New media atau media baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan
digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir
abad ke-20. Sebagian
besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru”
adalah digital, seringkali memiliki
karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat
jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Beberapa contoh dapat
Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS,
dan DVD.
Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis
kertas.
Ø Pandangan
New Media
Didalam dunia yang
terasa semakin menyempit ini, rasanya tidak ada alasan bagi kita untuk
tidak
mengetahui kejadian yang sedang terjadi dalam kehidupan. Teknologi New Media
pun bisa
dikatakan sebagai ‘pahlawan’ bagi kita untuk mendapatkan berbagai
kemudahan dalam
komunikasi kita, karena membantu kita memperoleh informasi dan
bersosialisasi secara mudah
diseluruh penjuru dunia. Jadi “new media” sangatlah
memberikan sisi positif bagi kita tetapi
dimana ada sisi positif selalu ada
sisi negatifnya tergantung kita memanfaatkannya.
Ø Manfaat New Media
Manfaat new media mempermudah,
mempercepat dalam membuat atau menyebarkan suatu
informasi yang di butuhkan
bagi semua yang membutuhkan Dalam segala bidang misalnya dalam
bidang
pendidikan tersedianya ebook, bidang pencarian kerja, kita bisa mengirim
lamaran kita
melalui e-mail dan mendapatkan informasi lowongan dari internet ,
bidang silahturahmi/bersosial,
adanya social network yang memudahkan kita
berkomunikasi jarak jauh tanpa membuang biaya
yang besar,bidang kesehatan
dengan mudahnya mendapatkan informasi mengenai obat-an yang
dibutuhkan, bidang
jual beli : dengan adanya took online memudahkan kita untuk membeli suatu
barang dan banyak lagi bidang lainya .
Ø Komponen New
Media
Komponen new
media itu sendiri terdiri dari produsen yang bertindak sebagai pembuat new
media, distributor yang bertindak sebagai penyalur dari produsen ke konsumen
dan konsumen
adalah pengguna dari new media.
Ø Aplikasi New
Media
Di bawah
ini ada beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new
media,
yaitu:
** Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang
merupakan aplikasi pencarian sejumlah
kata yang terdapat didalam website untuk
mencari berita.
** CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website
sejenisnya yang dibuat untuk memberikan
berita secara cepat sebagai pengganti
koran/majalah.
** Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya
yang menyediakan layanan membagikan
video atau menampilkannya sebagai sarana
hiburan dan berita secara audio visual.
** Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya
yang menyediakan layanan mini blog dan
social network sebagai sarana komunikasi
langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
** BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan
layanan pendidikan secara online
berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan
dan ada yang menyediakan buku
Referensi :
- http://jempoluburubur.blogspot.com/2010/09/1-digital-theory-theorizing-new-media.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/New_Media
- http://en.wikipedia.org/wiki/New_Media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar